Tugas II : Ilmu Sosial Dasar

1. PERTUMBUHAN PENDUDUK

Tabel pertumbuhan penduduk dari tahun 2012 – 2014. Informasi ini diambil berdasarkan Data Sheet yang terdapat pada situs http://www.prb.org .

Untitled2

2. PENGERTIAN MIGRASI

Menururt Wikipedia Bahasa Indonesia, migrasi adalah adalah perpindahan penduduk dengan tujuan untuk menetap dari suatu tempat ke tempat lain melewati batas administratif (migrasi internal) atau batas politik/negara (migrasi internasional). Dengan kata lain, migrasi diartikan sebagai perpindahan yang relatif permanen dari suatu daerah (negara) ke daerah (negara) lain. Migrasi merupakan bagian dari mobilitas penduduk. Mobilitas penduduk adalah perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah lain. Mobilitas penduduk ada yang bersifat non-permanen (sementara) misalnya turisme baik nasional maupun internasional, dan ada pula mobilitas penduduk permanen (menetap).

3. MACAM-MACAM MIGRASI

Migrasi Internasional

Migrasi Internasional adalah perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara lain. Migrasi ini dapat dibedakan atas tiga macam yaitu:

  1. Emigrasi adalah keluarnya penduduk dari suatu negara ke negara lain.
  2. Imigrasi adalah masuknya penduduk ke dalam suatu negara tertentu untuk tujuan menetap.
  3. Remigrasi adalah kembalinya penduduk ke negara asal setelah beberapa lama berada di negara orang lain.

Migrasi Nasional atau Internal

Migrasi Nasonal adalah perpindahan penduduk di dalam satu negara. Migrasi ini terdiri atas beberapa jenis, yaitu:

a. Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota dengan tujuan menetap. Faktor yang menyebabkan terjadinya urbanisasi yaitu:

  • Ingin mencari pekerjaan, karena di kota lebih banyak lapangan kerja dan upahnya tinggi
  • Ingin mencari pengalaman di kota
  • Ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan sebagainya.

b. Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari pulau yang padat penduduk ke pulau yang jarang penduduknya di dalam wilayah Indonesia. Transmigrasi pertama kali dilakukan di Indonesia pada tahun 1905 oleh pemerintah Belanda yang dikenal dengan nama kolonisasi.

c. Ruralisasi adalah perpindahan penduduk dari kota ke desa dengan tujuan menetap. Ruralisasi merupakan kebalikan dari urbanisasi.

4. PROSES MIGRASI

Perbedaan antara kehidupan antara satu daerah dengan daerah lain menyebabkan banyak orang yang ingin melakukan migrasi demi meningkatkan taraf hidupnya. Dengan adanya wilayah yang memiliki suatu nilai lebih maka banyak orang/ penduduk pun yang akan pergi ke wilayah itu dikarenakan di wilayah ia tinggal sudah tidak ada lagi nilai lebihnya untuk berkelangsungan hidupnya. Dalam migrasi ada proses yang perlu dilalui.

  1. Proses migrasi ia menetap di suatu wilayah
  2. Proses migrasi hanya sementara diwilayah itu sewaktu-waktu ia dapat kembali lagi ke wilayah tempat asalnya
  3. Hanya sekedar berlibur diwilayah itu

Proses keberangkatan migrasi dapat dilakukan dengan cara-cara tertentu misalkan jika imigran hanya satu orang dapat melakukannya dengan mengendarai sepeda motor. Adapun jikal imigran dengan banyak orang, semisal satu keluarga maka bisa melakukannya dengan naik kendaraan roda empat atau juga naik kapal laut itulah yang biasa dilakukan imigaran dalam melakukan migarasi di Negara Indonesia. Akan tetapi perlu diketahui migrasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan taraf hidup di tempat lain. Maka dari itu tidaklah bijak bila kita bermigrasi tanpa persiapan matang sehingga bukannya mendapatkan kesejahteraan di tempat tujuan malah hanya menjadi beban bagi pemerintah di tempat tujuan migrasi.

Sumber:

Advertisements
Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: