Daily Archives: March 24, 2015

Tugas I : Kewirausahaan

TUGAS SOFTSKILL : KEWIRAUSAHAAN

Dalam tugas pertama dalam mata kuliah  Kewirausahaan, saya ditugaskan oleh dosen saya untuk mendeskripsikan tentang softskill yang saya miliki sejak kecil. Karena belum begitu memahami apa definisi dari softskill itu sendiri, maka saya mencoba untuk mencari definisi softskill dari beberapa sumber di internet. Dari hasil pencarian saya, akhirnya saya mengumpulkan beberapa definisi softskill yang menurut saya mudah untuk dimengerti, yaitu:

“Soft skills diartikan sebagai perilaku personal dan interpersonal yang mengembangkan dan memaksimalkan kinerja manusia.” Berthal (dalam Muqowim, 2012: 5).

“Soft skills adalah kemampuan-kemampuan tak terlihat yang diperlukan untuk sukses, misalnya kemampuan berkomunikasi, kejujuran/integritas dan lain-lain.” Putra dan Pratiwi (2005: 5)

“Soft skills sebagai keterampilan hidup yang sangat menentukan keberhasilan seseorang, yang wujudnya antara lain berupa kerja keras, eksekutor, jujur, visioner, dan disiplin.” Elfindri, dkk (2011: 10)

Dari beberapa definisi tersebut, akhirnya saya menyimpulkan bahwa softskill adalah sesuatu yang sangat kita butuhkan dalam hal bersosialisasi dengan orang – orang orang di sekitar kita. Tak bisa dipungkiri lagi, sosialisasi adalah hal yang sangat penting dalam menjalani kehidupan kita sebagai makhluk sosial. Selain untuk bersosialisasi, softskill juga diperlukan dalam hal dunia kerja. Dunia kerja menuntut kita untuk selalu bisa bekerja sama dalam tim sehingga kemampuan untuk menjalin komunikasi dengan orang lain sangat dibutuhkan sekali. Disitulah peran softskill sangat berguna bagi kita demi menunjang karir kita.

Dari beragam jenis softskill yang ada, saya memiliki beberapa kemampuan yang mungkin bisa dianggap sebagai softskill. Saya adalah tipe orang yang sulit sekali untuk bisa melupakan kesalahan yang orang lain perbuat terhadap saya. Oleh karena itu, saya berusaha sebisa mungkin untuk menghindari permusuhan dengan orang lain. Saya selalu berusaha untuk bersikap ramah dan baik kepada semua orang. Hidup akan terasa lebih indah jika tidak ada permusuhan di antara kita. Selain itu, saya selalu memikirkan terlebih dahulu apa yang ingin saya ucapkan agar tidak menyakiti perasaan orang lain. Saya rasa hal itu sangat perlu dilakukan agar kita tidak memliki banyak musuh.

Saya juga merupakan tipe orang yang cukup optimistis, namun bukan ambisius. Saya selalu merasa yakin dalam mengerjakan sesuatu hal meskipun itu merupakan hal baru bagi saya. Saya tidak akan menyerah sebelum saya mencobanya. Kita tidak akan pernah tahu apabila kita tidak mencobanya terlebih dulu. Itulah di antara beberapa hal yang (mungkin) merupakan softskill dalam diri saya. Setiap orang memiliki karakter yang berbeda – beda sehingga kemungkinan besar softskill yang mereka miliki berbeda – beda pula.

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.