Salah Pemasaran Sebabkan Kepailitan Perusahaan

download

“Apakah salah pemasaran merupakan salah satu penunjang kepailitan suatu perusahaan?”

Pertanyaan seperti itu mungkin akan muncul di setiap benak para wirausahawan yang sedang merintis usaha di bidang kewirausahaan. Pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Karena kegiatan ini merupakan kegiatan yang secara langsung berhubungan dengan konsumen, maka salah pemasaran bisa mengkibatkan kepailitan suatu perusahaan. Konsumen merupakan tolak ukur seberapa sukses usaha yang telah kita jalani. Kesuksesan suatu usaha dapat dinilai dari seberapa banyak konsumen yang menggunakan barang atau jasa kita. Apabila kita salah dalam melakukan pemasaran, maka dapat dipastikan produk kita tidak akan laku di pasaran sehingga akan menyebabkan sedikit sekali konsumen yang kita raih. Selain itu, dunia saat ini sudah terlalu penuh dengan persaingan. Apabila kita membuat satu kesalahan, para pesaing akan dengan cepat merebut bisnis kita. Untuk merebutnya kembali pun, peluangnya akan sangat tipis. Jika hal ini dibiarkan terus – menerus tanpa adanya solusi maka akan menyebabkan kepailitan.

Salah satu usaha untuk menghindari salah pemasaran adalah dengan cara melakukan survei. Kebanyakan para pengusaha tidak melakukan survei terlebih dahulu terhadap pasar sehingga mereka tidak mengetahui kebutuhan pasar saat ini. Mereka hanya menawarkan produk atau jasa yang mungkin sudah ada tanpa melakukan inovasi. Hal ini akan menyebabkan produk kita tidak laku di pasaran karena produk kita akan kalah saing dengan produk serupa. Oleh karena itu, survei sangat dibutuhkan sekali agar kita bisa mengira – ngira apa yang dibutuhkan pasar saat ini sehingga produk yang kita tawarkan bisa diterima pasar. Selain itu, kita juga bisa mengamati para pesaing bisnis kita agar kita bisa menciptakan inovasi. Misalnya kita ingin membuka usaha pasta gigi. Maka yang pertama kita lakukan adalah melakukan survei untuk mengetahui pasta gigi macam apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar saat ini. Apakah pasta gigi untuk memutihkan gigi, gigi berlubang, atau untuk gigi sensitif. Setelah itu kita bisa melakukan inovasi agar produk kita memiliki daya saing dengan produk serupa misalnya dengan menawarkan aroma kesegaran yang berbeda atau dengan bentuk kemasan yang unik. Dengan begitu, dapat dipastikan produk kita akan lebih tepat sasaran sesuai kebutuhan pasar saat ini.

Akhirnya dapat disimpulkan bahwa salah pemasaran merupakan salah satu penunjang kepailitan suatu perusahaan. Meskipun banyak sekali faktor yang dapat menunjang kepailitan suatu perusahaan, ada baiknya kita mengantisipasi hal ini dengan tidak melakukan salah pemasaran. Dunia bisnis memang penuh dengan persaingan. Sekali saja kita melakukan kesalahan, akan sulit sekali untuk bangkit dikarenakan banyaknya para pesaing. Maka dari itu kita harus selalu berhati – hati dalam mengambil keputusan agar bisnis kita dapat terus berjalan.

Advertisements
Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: