Hard News

Hard News

Hard news adalah berita yang update setiap menit dan disampaikan langsung setelah kejadian terjadi. Berita ini terbatas oleh waktu karena sifatnya yang mementingkan aktualitas suatu berita. Contoh hard news adalah berita tentang politik, ekonomi, perang, tindak kriminal, bencana, kecelakaan, dan lain – lain. Cara penyampaiannya sangat serius dan berdasarkan pendekatan fakta. Hard news ditulis sehingga pembaca dapat berhenti membaca setiap saat, dan masih hafal keseluruhan cerita. Tidak perlu untuk menempatkan kesimpulan pada berita. Setiap pembaca akan mengakhiri cerita setiap kali dia bosan sedangkan pembaca yang tertarik akan terus membaca sampai akhir.

Contoh:

Ditangkap Bersama Arzetti Bilbina, Dandim Sidoarjo Terancam Dipecat

Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen Sabrar Fadhilah membenarkan Dandim 0816/Sidoarjo Letkol Kav Rizeki Indra Wijaya ditangkap saat berduan bersama politikus PKB Arzetti Bilbina di Hotel Arjuna kamar nomor 18, Lawang, Malang pada Ahad (26/10). Keduanya dibawa dan dimintai keterangan di Denpom Divif 2 Kostrad, Malang.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memerintahkan jajarannya untuk menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi di antara dua orang itu. “Harus  dilaksanakan penyelidikan, berkasnya diserahkan ke jaksa militer atau pengadilan militer, disidangkan. Apabila berat, ada hukuman tambahan, yaitu pemecatan dari prajurit,” katanya di Mabes TNI Cilangkap, Senin (26/10).

Menurut Gatot, setiap prajurit TNI harus memegang teguh setiap aturan yang berlaku. Kalau bertindak melanggar aturan, maka ancamannya berat. Hanya saja, pihaknya menunggu pemberkasan apakah sampai pada persidangan di Mahkamah Militer.

Kalau benar ditemukan adanya unsur hubungan terlarang, kata dia, maka hukuman terberat bisa dijatuhkan kepada Dandim Sidoarjo. Pasalnya, anggota TNI sangat dilarang menjalin hubungan dengan orang yang sudah berkeluarga. “Ada aturan di militer apabila tentara berbuat zina itu hukumnya adalah dipecat,” kata mantan KSAD tersebut.

Gatot menyatakan, kasus itu memang baru terjadi. Sehingga, pihaknya menunggu hasil penyelidikan Denpom 2 Kostrad. “Yang saya tahu dan baru mendengar baru-baru saja terjadi,” katanya.

Terkait status anggota DPR yang melekat pada Arzetti, Gatot tidak bisa menindaknya. Dia hanya menekankan bisa menghukum anak buahnya yang menyimpang. Kendati begitu, ia tidak mau gegabah dalam menghukum prajurit TNI tanpa disertai bukti.

“Kita gak bisa menghukum orang katanya saja, harus penyelidikan dan penyidikan. Tapi ada aturan di militer, ada TNI berbuat zina dengan anggota militer atau orang berkeluarga akan dipecat.”

Referensi:

Kurtzman, Lori. (1999, December 14). Journalism: Writing the Hard News Story. Retrieved October 27, 2015, from http://jerz.setonhill.edu/writing/journalism1/journalism-writing-the-hard-news-story/

Siddika, A. (2013, October 6). Hard News vs Soft News. Retrieved October 27, 2015, from http://www.slideshare.net/asiyasiddika28/hard-news-vs-soft-news

Putra, Erik Purnama. (2015, October 27). Ditangkap Bersama Arzetti Bilbina, Dandim Sidoarjo Terancam Dipecat. Retrieved October 27, 2015, from http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/15/10/27/nwulhg334-ditangkap-bersama-arzetti-bilbina-dandim-sidoarjo-terancam-dipecat

Advertisements
Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: