Soft News

SOFT NEWS

Soft news adalah jenis berita yang ditulis untuk kepentingan hiburan atau memberi saran kepada para pembacanya. Berita ini memiliki struktur penulisan yang relatif lebih luwes, dan dari segi isi tidak terlalu berat, misalnya gosip selebriti, tips-tips berbusana, teknologi terbaru, dan sebagainya. Selain itu, soft news umumnya tidak terlalu lugas, tidak kaku, atau ketat, khususnya dalam soal waktunya. Biasanya lebih banyak mengangkat aspek kemanusiaan (human interest). Bentuk penyampaian soft news santai dan tidak semua beritanya mengandung unsur keseriusan. Contoh soft news misalnya tips tentang bagaimana melakukan peregangan dengan benar sebelum berolahraga, atau apa yang harus dicari ketika membeli komputer baru.

Soft news dibagi menjadi dua macam, yaitu news feature dan feature. Feature adalah jenis tulisan khas yang strukturnya tidak kaku, berbentuk luwes, tahan waktu, menarik, dan biasanya mengangkat aspek kemanusiaan. Panjang tulisan feature bervariasi dan boleh ditulis seberapa panjang pun, sejauh masih menarik. Misalnya, feature tentang kehidupan sehari – hari masyarakat Dieng. Sedangkan news feature adalah feature yang mengandung unsur berita. Misalnya, tulisan yang menggambarkan peristiwa penangkapan seorang pencuri oleh polisi, yang diawali dengan kejar-kejaran, tertangkap, lepas lagi, dan semua liku-liku proses penangkapan itu disajikan secara seru, menarik, dan dramatis, seperti kita menonton film saja.

Contoh:

Cara Mencuci Pakaian Berbahan Denim

Celana dan jaket berbahan jeans merupakan pakaian sehari-hari yang menjadi favorit banyak orang. Bahannya yang nyaman serta warna dan modelnya yang mudah dipadupadankan, membuat bahan yang dalam sejarah hanya dipakai oleh para pekerja tambang di Amerika ini kini menjadi andalan berbagai kalangan. Selain itu, kualitas bahan dan warna jeans juga dapat bertahan selama bertahun-tahun jika kita tahu cara mencuci jeans yang benar. Tentunya hal ini akan menghemat pengeluaran karena kita tidak perlu terlalu sering membeli jeans baru. Berikut ini adalah beberapa tips mencuci jeans.

  1. Pisahkan celana jeans dari pakaian lain
  2. Kurangi jumlah pakaian di dalam mesin cuci
  3. Pilih mode mesin cuci yang cocok
  4. Gunakan deterjen yang tepat
  5. Atur suhu air ketika mencuci
  6. Jangan disetrika dan dijemur di bawah sinar matahari langsung

Referensi:

Mills-Brown, Lisa. (2014, February 28). Soft News. Retrieved October 27, 2015, from http://www.britannica.com/topic/soft-news

Siddika, A. (2013, October 6). Hard News vs Soft News. Retrieved October 27, 2015, from http://www.slideshare.net/asiyasiddika28/hard-news-vs-soft-news

Advertisements
Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: