Dasar Komunikasi dan Komunikasi Bisnis

Dalam kehidupan sehari – hari, pasti kita melakukan yang namanya komunikasi. Ada banyak sekali pengertian komunikasi yang dapat kita temukan dalam berbagai buku. Salah satunya menyatakan bahwa komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan information atau news dari seseorang ke orang lain. Komunikasi akan tepat sasaran apabila si penerima tidak dalam distorsi. Distorsi adalah keadaan dimana seseorang memiliki persepsi lain dari apa yang dimaksud oleh si pengirim berita. Maka dari itu, komunikasi sangat berkaitan dengan persepsi. Persepsi dapat diperoleh melalui pengelihatan, pendengaran, perasaan, penghayatan, dan lain – lain. Dapat timbul kesalahpahaman persepsi apabila apa yang kita lihat ditafsirkan secara lisan. Ada beberapa pendapat mengenai komunikasi, diantaranya adalah:

Herbert T. Komunikasi adalah proses ketika makna dan pengetahuan ditransfer dari satu orang ke orang lain dan dilakukan demi tujuan tertentu.

Krech. Komunikasi adalah penggunaan simbol – simbol untuk mendspatkan informasi umum mengenai suatu objek.

Awal pertama manusia mengenal komunikasi adalah ketika manusia ingin menyampaikan keinginannya dan untuk memenuhi hasrat orang lain dilakukan melalui penggunaan simbol – simbol, isyarat, yang kemudian mengimplementasikannya dengan memeberi makna dalam setiap simbol dalam bentuk lisan. Ruang lingkup komunikasi menurut Effendy meliputi unsur:

Bentuk

  • Personal Communication
  1. Komunikasi Intra-personal
  2. Komunikasi Inter-personal
  • Group Communication

Small Group Communication

  1. Perkuliahan
  2. Panel Diskusi
  3. Simposium
  4. Brainstorming

Large Group Communication

  • Mass Communication
  1. Press
  2. Television
  3. Film

Sifat

  • Verbal
  1. Oral
  2. Written
  • Non-Verbal
  1. Gestural
  2. Pictorial

Metode

  1. Informative Communication
  2. Persuasive Communication
  3. Coercive/ Instructive Communication

Teknik

  • Jurnalisme
  • Humas
  • Iklan
  • Propaganda
  • Publikasi

Fungsi

  • Mass Information
  • Mass Education
  • Mass Persuasion
  • Mass Entertainment

Tujuan

  • Social Change/ Social Participation
  • Attitude Change
  • Opinion Change
  • Behavior Change

Model

  • One-Step Flow Communication
  • Two-Step Communication
  • Multi-Step Communication

Bidang

  • Social Communication
  • Management/ Organizational Communication
  • Business Communication
  • Political Communication
  • Cultural Communication
  • Traditional Communication
  • International Communication
  • Development Communication
  • Environmental Communication

Sistem

  • Social Responsibility System
  • Authoritarian System

Unsur – Unsur Komunikasi

Ada enam unsur dalam komunikasi, yaitu sumber, komunikator, pesan, channel/ saluran, komunikasi, dan efek.

  1. Sumber adalah dasar yang digunakan untuk menguatkan pesan dan dapat berupa buku, dokumen, lembaga, ataupun orang sekalipun.
  2. Dalam komunikasi, setiap orang dapat menyampaikan pesan sebagai proses dimana komunikan dapat menjadi komuniator dan begitu juga sebaliknya.
  3. Pesan adalah semua yang disampaikan oleh komunikator. Inti pesan adalah pengarah dalam proses komunikasi dan menjadi tujuan akhir komunikasi.
  4. Channel/Saluran. Saluran adalah media dalam penyampaian pesan yang dapat berupa media umum ataupun media massa.
  5. Baik berupa komunikasi personal, komunikasi kelompok, maupun komunikasi massa.
  6. Merupakan hasil akhir dari komunikasi, apakah sesuai atau tidak dengan yang kita inginkan. Efek dapat kita lihat dari opini pribadi, opini publik, dan opini mayoritas.

Bentuk Dasar Komunikasi

Terdapat dua jenis bentuk dasar komunikasi, yaitu komunikasi verbal dan non-verbal. Komunikasi verbal adalah penyampaian pesan bisnis melalui lisan maupun tulisan. Komunikasi verbal lebih terstruktur dan teratur. Sedangkan komunikasi non-verbal adalah komunikasi yang dilakukan melalui gesture dan gerak tubuh. Bentuk komunikasi seperti ini tidak memiliki struktur yang teratur dan sulit untuk dipelajari.

Bisnis dalam Pandangan Komunikasi

Dalam komunikasi modern, proses komunikasi lebih menekankan kepada kesiapan dan kebutuhan komunikan. Dengan begitu, hal ini lebih mempertimbangkan faktor peluang daripada produksi. Ketika permintaan barang naik, maka barang dan jasa akan diproduksi sebanyak mungkin. Peluang pasar tidak dapat diprediksi. Belum tentu barang dan jasa dalam jumlah banyak menyebabkan pasar menjadi jenuh. Begitu pula sebaliknya. Hal ini desebabkan karena dua hal. Yang pertama, kebutuhan dapat diciptakan. Terbukanya peluang pasar bagi produk minimum merupakan hasil pengkondisian yang dilakukan oleh mass media lewat informasinya. Informasi itulah yang membentuk nilai-nilai, citra (image) dan kebutuhan. Dengan demikian, kegiatan komunikasi sering kali dilakukan terlebih dulu untuk membentuk peluang pasar. Lalu yang kedua adalah citra konsumen mengenai suatu barang atau jasa sangat mempengaruhi peluang pasar. Sehingga, kegiatan promosi perlu dilakukan agar produk kita diketahui oleh khalayak. Kegiatan promosi itu meliputi kegiatan hubungan diantara manusia, kegiatan hubungan diantara masyarakat (public relation) dan kegiatan advertensi atau iklan. Kegiatan promosi yang sangat efektif pada saat sekarang adalah mengenalkan product menggunakan jasa periklanan. Melalui kegiatan periklanan target yang diharapkan adalah bahwa pelanggan kenal karakteristik produk, memahami fungsi serta keunggulan produk itu, lalu menjadi yakin keuntungan memakai produk tersebut.

Sumber:

  1. Nawangsari, Sri. 1997. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Gunadarma.
  2. Purwanto, Djoko. 1997. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga.
  3. Purwanto, Djoko. 2003. Komunikasi Bisnis (2nd ed.). Jakarta: Erlangga.
  4. Purwanto, Djoko. 2011. Komunikasi Bisnis (4th ed.). Jakarta: Erlangga.

 

 

Advertisements
Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: