Jenis – Jenis Komunikasi

Komunikasi terbagi menjadi beberapa jenis. Jenis – jenis tersebut dikelompokkan berdasarkan kelompokknya masing – masing. Diantaranya yaitu:

Komunikasi Menurut Penyampaiannya

Menurut penyampaiannya, komunikasi terbagi menjadi komunikasi langsung maupun tidak langsung. Komunikasi langsung adalah komunikasi yang disampaikan secara langsung oleh komunkator tanpa perantara. Sedangkan komunikasi tidak langsung adalah komunikasi yang disampaikan secara tidak langsung, melalui media perantara lain.

Komunikasi Menurut Kelangsungannya

Dalam komunikasi terjadi interaksi antara dua orang. Menurut kelangsungannya, komunikasi dibagi menjadi komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung. Komunikasi langsung dilakukan secara langsung tanpa ada perantara dan tidak terbatas oleh jarak. Sedangkan komunikasi tidak langsung dilakukan dengan bantuan pihak ketiga atau media komunikasi.

Komunikasi Menurut Perilaku

Sedangkan menurut perilaku, komunikasi dibagi menjadi komunikasi formal, informal, dan nonformal. Komunikasi formal adalah komunikasi yang dilakukan secara resmi atau formal dan telah diatur struktur organisasinya, seperti contohnya adalah rapat kerja, seminar, konferensi, dan lain – lain. Sedangkan komunikasi informal adalah komunikasi yang terjadi di dalam organisasi namun tidak ada struktur organisasinya dan dianggap tidak resmi seperti desas – desus, kabar burung, dan sebagainya. Lalu yang ketiga adalah komunikasi nonformal. Komunikasi nonformal adalah komunikasi yang ada hubungannya dengan kepentingan pribadi setiap anggota organisasi seperti misalnya rapat ulang tahun perusahaan.

Komunikasi Menurut Maksudnya

Komunikator saat menyampaikan pesan ataupun berkomunikasi pasti memiliki maksud. Maksud dari komunikasi sendiri dapat berbeda – beda antara orang yang satu dengan yang lain. Maksud orang berkomunikasi dapat berupa berpidato, menyampaikan  ceramah, wawancara, memberi perintah atau tugas, dan lain – lain.

Komunikasi Menurut Ruang Lingkupnya

Komunikasi juga dapat dibagi menurut ruang lingkupnya. Menurut ruang lingkupnya, komunikasi dibagi menjadi komunikasi internal dan eksternal. Komunikasi internal adalah komunikasi yang terjadi di dalam internal suatu perusahaan atau organisasi. Komunikasi ini dapat berupa komunikasi vertika, horizontal, maupun diagonal. Sedangkan komunikasi eksternal adalah komunikasi yang terjadi antara suatu perusahaan dengan masyarakat luar. Komunikasi ini dilakukan melaluyi media radio, televisi, konferensi pers, dan lain – lain. Komunikasi ini dilakukan dengan maksud mendapatka kepercayaan dari masyarakat.

Komunikasi Menurut Aliran Informasi

Selanjutnya adalah komunikasi menurut aliran informasi. Komunikasi ini terbagi menjadi beberapa macam, diantaranya:

  1. Komunikasi satu arah (simplex) merupakan komunikasi yang berlangsung dari satu pihak saja (one-way communication).
  2. Komunikasi dua arah merupakan komunikasi yang bersifat timbal balik (two-way communication).
  3. Komunikasi ke atas, komunikasi yang terjadi dari bawahan kepada atasan.
  4. Komunikasi ke bawah, komunikasi yang terjadi dari atasan kepada bawahan.
  5. Komunikasi ke samping, komunikasi yang terjadi di antara orang yang memiliki kedudukan sejajar.

 

Komunikasi Menurut Jaringan Kerja

Komunikasi juga dapat dikelompokkan menurut jaringan kerja. Menurut jaringan kerja, komunikasi ini dibagi menjadi beberapa jaringan, seperti jaringan kerja rantai, jaringan kerja lingkaran, dan jaringan kerja bintang. Komunikasi jaringan kerja rantai terjadi sesuai dengan struktur organisasi sehingga mengikuti pola komunikasi formal. Sedangkan komunikasi jaringan kerja lingkaran berbentuk lingkaran dan terjadi lebih singkat. Dan yang terakhir adalah komunikasi jaringan kerja bintang. Komunikasi jaringan kerja bintang dilakukan muluai dari pusat kemudian menyebar. Jaringan kerja bintang berlangsung sangat pendek.

Komunikasi Menurut Peranan Individu

Menurut peranan individunya, komunikasi dibagi menjadi tiga bagian. Yang pertama adalah komunikasi antara satu individu dengan individu yang lain. Selanjutnya adalah komunikasi antara  individu dengan lingkungan yang lebih luas. Lalu yang ketiga, komunikasi antara individu dengan dua kelompok atau lebih.

Komunikasi Menurut Cara Penyampaiannya

Komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu secara lisan maupun tulisan. Komunikasi yang dilakukan secara lisan dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Kemudian adalah komunikasi tulisan yang dapat dilakukan melalui surat, naskah, gambar, ataupun spanduk.

Komunikasi Menurut Jumlah Pelaku dalam Komunikasi Tersebut

Jumlah pelaku dalam berkomunikasi mempengaruhi jenis komunikasi yang dilakukan. Komunikasi dapat dilakukan secara perorangan maupun kelompok. Komunikasi perorangan biasanya hanya seputar masalah pribadi, sedangkan komunikasi yang dilakukan secara kelompok akan membahas masalah yang menyangkut kepentingan orang banyak.

Sumber:

  1. Nawangsari, Sri. 1997. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Gunadarma
  2. Purwanto, Djoko. 1997. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga
  3. Purwanto, Djoko. 2003. Komunikasi Bisnis (2nd ed.). Jakarta: Erlangga.
  4. Purwanto, Djoko. 2011. Komunikasi Bisnis (4th ed.). Jakarta: Erlangga.

 

Advertisements
Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: