Komunikasi dalam Organisasi

Pola Komunikasi Bisnis

Setiap organisasi memiliki pola pendekatan komunikasi yang berbeda – beda antara yang satu dengan yang lainnya. Ada dua jenis pola komunikasi, yaitu saluran komunikasi formal dan saluran komunikasi nonformal.

  • Saluran komunikasi formal
  1. Komunikasi yang dilakukan secara horizontal (komunikasi lateral)
  2. Komunikasi yang dilakukan secara diagonal
  3. Komunikasi yang dilakukan dari atas ke bawah (downward/top-down communication)
  4. Komunikasi yang dilakukan dari bawah ke atas (upward/bottom-up communication)
  • Saluran komunikasi nonformal

Saluran komunikasi jenis ini tidak memandang pangkat ataupun status dalam organisasi. Hal yang diperbincangkan bersifat umum seputar humor, film, music, keluarga, dan lain – lain. Banyak orang yang lebih percaya dengan informasi yang didapat secara nonformal dikarenakan ketidakpercayaan dengan informasi yang diberikan secara forma. Akan tetapi, kebanyakan informasi yang didapat secara nonformal kebanyaan tidak akurat dan tak dapat dipertanggungjawabkan.

 

Mengelola Komunikasi Bisnis

Dalam mengelola komunikasi, kita perlu memperhatikan dua hal, yaitu diantaranya bagaimana menangani krisis komunikasi dan menangani pesan yang bersifat rutin.

  • Penanganan krisis komunikasi

Krisis komunikasi merupakan tantangan terbesar dalam sebuah komunikasi. Butuh kemampuan serta keterampilan yang mumpuni. Semakin besar tantangan dalam berkomunikasi, semakin tinggi pula resiko yang perlu dihadapi.

  • Penanganan pesan-pesan rutin
  1. Mendelegasikan tanggung jawab
  2. Mengurangi jumlah pesan
  3. Melatih para penulis dan pembicara
  4. Memberi instruksi yang jelas

 

Masalah Komunikasi dalam Organisasi

Daalam komunikasi, pasti ada masalah – masalah yang timbul, diantaranya adalah:

  1. Masalah dalam menyampaikan pesan
  2. Masalah dalam menafsirkan pesan
  3. Masalah dalam mengembangkan pesan
  4. Masalah dalam menerima pesan

Sumber:

  1. Nawangsari, Sri. 1997. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Gunadarma.
  2. Purwanto, Djoko. 1997. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga.
  3. Purwanto, Djoko. 2003. Komunikasi Bisnis (2nd ed.). Jakarta: Erlangga.
  4. Purwanto, Djoko. 2011. Komunikasi Bisnis (4th ed.). Jakarta: Erlangga.

 

Advertisements
Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: