Pengorganisasian dan Revisi Pesan-Pesan Bisnis

Pengorganisasian Melalui Outline

Ada dua tahapan dalam pengorganisasian pesan bisnis, yaitu mendefinisikan dan mengelompokkan ide – ide, dan menetapkan urutan berbagai macam ide dengan organisasional plan yang terpilih secara hati – hati. Selain itu, ada dua pendekatan dalam menentukan urutan pesan bisnis, yaitu pendekatan langsung dan pendekatan tidak langsung. Perbedaannya terletak pada kemunculan ide pokok. Jika dalam pendekatan langsung, ide pokok muncul di awal sedangkan pada pendekatan tidak langsung, ide pokok muncul di akhir. Setelah itu, kita bisa memilih rencana organisasional yang cocok, misalnya:

  1. Direct request: Menyampaikan  secara langsung pada target yang dituju (to the point), cocok menggunakan pendekatan pendekatan langsung.
  2. Berbagai yang rutin, kabar baik, atau goodwill: sangat sesuai dengan menggunakan pendekatan langsung.
  3. Pesan-pesan bad news: pendekatan yang bisa digunakan  adalah pendekatan tak langsung.
  4. Bermacam pesan persuasive: pendekatannya adalah dengan cara tak langsung.

 

Pemilihan Kata yang Tepat

Agar pesan bisnis dapat tersampaikan dengan baik, kita perlu memilih yang tepat. Hal ini bertujuan agar komunikasi bisnis dapat berhasil. Adapun cara untuk memilih kata yang tepat adalah sebagai berikut:

  1. Pilihlah kata – kata yang telah dikenal baik/ familiar.
  2. Usahakan memilih kata-kata yang singkat.
  3. Hindari kata-kata yang bermakna ganda.

 

Membuat Kalimat yang Efektif

Untuk membuat kalimat yang efektif kita harus memilih kata yang tepat agar maksud kita tidak bertele – tele. Kita pun tidak perlu mengulang – ulang kata yang kita tulis berulang kali sehingga kalimat yang kita sampaikan efektif.

Sumber:

  1. Nawangsari, Sri. 1997. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Gunadarma
  2. Purwanto, Djoko. 1997. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga
  3. Purwanto, Djoko. 2003. Komunikasi Bisnis (2nd ed.). Jakarta: Erlangga.
  4. Purwanto, Djoko. 2011. Komunikasi Bisnis (4th ed.). Jakarta: Erlangga.
Advertisements
Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: