Peranan Komunikasi dalam Dunia Bisnis

A. Peranan Komunikasi dalam Bisnis
Dalam dunia bisnis, komunikasi sangat berperan penting. Apabila tidak ada komunikasi, bisa dipastikan suatu organisasi tidak akan bertahan lama. Maka dari itu, komunikasi sangat penting artinya bagi dunia bisnis. Peranan komunikasi adalah sebagai berikut:
1. Saling bertukar pilihan
2. Untuk mencapai mufakat
3. Saling bertukar informasi
4. Mengirim dan memenuhi pesanan
5. Saling bertukar informasi
6. Melakukan transaksi atau penjualan
7. Untuk membuat rencana dan proposal
8. Melaksanakan keputusan
B. Tujuan Komunikasi dalam Bisnis
Tujuan komunikasi bisnis terbagi menjadi 3, yaitu diantaranya:
1. Persuading (Persuasi)
2. Informing (Memberi informasi)
3. Collaborating (Melakukan kolaborasi dengan audience)
Selain itu ada juga tujuan khusus dari komunikasi dalam bisnis yaitu, menyajikan penjualan bulan lalu ke manager pemasaran, meyakinkan manager pemasaran untuk mengangkat beberapa karyawan baru bagian penjualan, membantu departemen personalia mengembangkan program pelatihan bagi beberapa anggota baru.
C. Feedback dan Bentuknya
Dalam berkomunikasi, pasti ada yang namanya umpan balik atau feedback. Umpan balik dapat berupa berbagai bentuk. Misalnya, apabila seorang pemimpin mengarahkan bawahannya dengan cara yang enak maka setelah selesai akan mendapatkan tepuk tangan yang meriah. Contoh lain misalnya ketika seorang pimpinan perusahaan menegur bawahannya yang berbuat kesalahan sehingga yang ditegur akan merasa menyesali perbuatannya. Arahan dan teguran dapat disebut juga cara penyampaian pesan, sedangkan tepuk tangan sebagai umpan balik atau feedback dari penyampaian pesan tersebut. Ada hubungan sebab akibat diantara keduanya. Pesan dapat berupa pengarahan instruksi, pidato, analisis, tugas, perintah, dan lain – lain. Feedback yang diberikan atas respon dari pesan dapat berupa hasil pelaksanaan tugas, pertanyaan, laporan, dan lain – lain. Ada beberapa jenis feedback, yaitu:

1. External Feedback. Feedback yang diterima langsung oleh pemberi pesan.
2. Internal Feedback. Feedback yang didapat oleh pemberi pesan bukan dari komunikan, melainkan dari pesan itu sendiri.
3. Immediate Feedback atau Direct Feedback. Feedback yang diberikan oleh penerima pesan dengan cara menggerakkan salah satu anggota badan.
4. Delayed Feedback atau Indirect Feedback. Feedback dalam bentuk surat.
5. Inferential Feedback. Feedback yang disimpulkan sendiri oleh pemberi pesan secara tidak langsung.
6. Zero Feedback. Feedback yang tidak dapat dipahami oleh oemberi pesan.
7. Neutral Feedback. Informasi yang diterima oleh pemberi pesan tidak relevan.
8. Positive Feedback. Feedback berupa tanggapan positif.
9. Negative Feedback. Feedback berupa tanggapan negatif.
D. Kesalahpahaman dalam Berkomunikasi
Kesalahpahaman dalam berkomunikasi menyebabkan tidak tersampainya pesan dengan baik. Ada beberapa masalah pengahambat komunikasi yang terjadi antara pemberi pesan dan penerima pesan, yaitu diantaranya adalah masalah dalam mngembangkan pesan, menyampaikan pesan, menerima pesan, dan menafsirkan pesan.

E. Memperbaiki Komunikasi dalam Organisasi
Kita perlu memperbaiki komunikasi kita apabila terjadi kesalahpahaman dalam berkomunikasi. Untuk mencapai komunikasi yang efektif diperlukan beberapa syarat, yaitu:
a. Persepsi
b. Ketepatan
c. Kredibilitas
d. Pengendalian
e. Keharmonisan atau keserasian.
Sumber:
1. Nawangsari, Sri. 1997. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Gunadarma.
2. Purwanto, Djoko. 1997. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga
3. Purwanto, Djoko. 2003. Komunikasi Bisnis (2nd ed.). Jakarta: Erlangga.
4. Purwanto, Djoko. 2011. Komunikasi Bisnis (4th ed.). Jakarta: Erlangga.

Advertisements
Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: