Perencanaan Laporan Bisnis

Pengertian dan Jenis Laporan Bisnis

Laporan bisnis dibuat untuk meringankan dalam menyampaikan informasi dari suatu organisasi atau lembaga yang satu ke organisasi yang lain. Laporan bisnis harus ditulis dengan teratur dan sistematis. Laporan bisnis terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah terbagi menurut panjang laporan dan formalitasnya.  Adapun jenis – jenis laporan bisnis adalah sebagai berikut:

  1. Laporan memorandum: yaitu sejenis laporan yang memiliki format seperti memo yaitu dengan mencantumkan tanggal, subjek, dari, dan kepada.
  2. Laporan surat: yaitu sejenis laporan yang memiliki format seperti surat dengan kepala surat, yang berisi alamat (address), salam pembukaan, salam penutup, tanda tangan (signature), dan referensi (reference).
  3. Laporan berbentuk cetakan: yaitu sejenis laporan yang mempunyai judul yang telah tercetak (printed title), instruksi (instuction), dan baris kosong.
  4. Laporan formal: yaitu sejenis surat yang biasanya lebih panjang isinya daripada laporan informal.

 

Bagian Pokok dalam Laporan Bisnis

Seperti surat pada umumnya, laporan bisnis pun mempunyai beberapa bagian. Hal ini perlu diperhatikan agar tidak keliru dalam membedakan dengan jenis surat yang lainnya. Adapun bagian – bagian dari laporan bisnis adalah terdiri dari pendahuluan, isi dan penutup.

  1. Pendahuluan
  • Pemberi kuasa
  • Rencana presentasi (Layout)
  • Masalah (Problem)
  • Maksud penulisan laporan
  • Ruang Lingkup
  • Metodologi (Method)
  • Sumber-sumber primer atau sekunder
  • Latar belakang (Background)
  • Definisi istilah (Definition)
  • Keterbatasan
  • Rekomendasi (Recommendation)
  1. Isi teks (laporan)
  2. Penutup
  • Rangkuman
  • Kesimpulan
  • Rekomendasi
  • Rencana tindakan
  • Proposisi

 

Pengorganisasian Isi dalam Laporan Bisnis

Ada berbagai cara tersendiri dalam menyusun isi dalam laporan bisnis. Berikut akan dijelaskan beberapa cara dalam menyusun isi dalam laporan bisnis.

  • Cara menyusun badan laporan
  1. Cara menyususn laporan secara langsung (Deduktif): menggambarkan laporan dari belakang ke depan, atau dengan kata lain menjelaskan rekomendasi atau ide pokok terlebih dahulu sebelum menjelaskan hal-hal yang rinci.
  2. Cara induktif: menjelaskann berbagai fakta yang ada sebelum berbagai kesimpulan dan ide pokok atau rekomendasi dikemukakan.
  • Cara menyusun teks laporan
  1. Membuat topik-topik atau kriteria
  2. Membuat sebuah urutan suatu peristiwa atau kejadian-kejadian
  3. Mendeskripsikan lokasi atau lokasi
  4. Menerangkan suatu proses atau prosedur
  5. Membuat sebuah urutan tingkat kepentingannya secara alfabetis
  6. Menyusun urutan tingkat berdasarka familiaritas
  7. Mengatur sumber-sumber yang digunakan
  8. Pemecahan masalah
  • Metode outline

Berbagai macam jenis judul

  1. Judul topik, adalah judul yang paling umum digunakan, bisa terdiri dari kata tunggal (kata benda), beberapa kata, atau frasa singkat.
  2. Judul kalimat lengkap, judul yang selalu menmiliki subjek dan predikat.
  3. Judul kalimat imperatif, yaitu judul yang dimulai dengan kata kerja dan tidak memiliki subjek.
  4. Judul variant, yaitu judul yang biasanya dimulai dengan participle.

Berbagai format outline

  1. Outline pendek/ singkat, yaitu outline yang terdiri dari tiga atau empat judul dan subjudul, lebih baik diatur dalam format yang sederhana.
  2. Outline panjang, yaitu outline dapat menggunakan kombinasi huruf dan angka, sistem desimal, atau kombinasi angka dan huruf.

Paralelisme dalam judul

 

Penulisan Laporan Singkat

Dalam laporan singkat, hanya mengutamakan isi dari laporan tersebut. Laporan singkat biasanya berupa memo atau surat sepanjang dua halaman. Bentuk umum dari laporan singkat adalah pembuka, hasil temuan, bahasan, dan penutup.

Membuat Laporan Bisnis yang Baik

Laporan bisnis yang baik mencakup tiga hal, yaitu:

  1. Informasi yang akurat
  2. Isi menunujukkan suatu pertimbangan yang baik dari penulis
  3. Format, style, dan organisasi sesuai dengan kebutuhan pembaca

Sumber:

  1. Nawangsari, Sri. 1997. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Gunadarma
  2. Purwanto, Djoko. 1997. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga
  3. Purwanto, Djoko. 2003. Komunikasi Bisnis (2nd ed.). Jakarta: Erlangga.
  4. Purwanto, Djoko. 2011. Komunikasi Bisnis (4th ed.). Jakarta: Erlangga.

 

Advertisements
Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: