Perencanaan Pesan-Pesan Bisnis

Penentuan Proses Komposisi

Dalam bisnis, kita perlu mengetahui bagaimana cara untuk mengirim pesan – pesan bisnis. Ada beberapa tahap yang harus dilalui ketika ingin menyampaikan pesan bisnis. Adapun komposisi untuk menulis pesan bisnis ada beberapa tahap, yaitu:

  1. Kita perlu perencanaan yang matang dalam menulis pesan bisnis meliputi tujuan komunikasi, sasaran audiens, ide pokok pesan – pesan yang akan disampaikan, dan lain – lain.
  2. Organisasi dan Komposisi. Dalam proses ini kita perlu memperhatikan pengguanan kata – kata, paragraph, struktur tulisan, dan lain – lain.
  3. Sebelum kita kirim pesan bisnis tersebut, kita perlu melakukan revisi agar tidak terjadi kesalahan dalam pengejaan, pemilihan kata, struktur tulisan, dan lain sebagainya.

 

Penentuan Tujuan

Kita perlu memperhatikan tujuan dalam menentukan tujuan pesan bisnis. Tujuan harus jelas dan tepat agar komunikasi bisnis yang kita lakukan berhasil.  Tujuan pengambilan keputusan bisnis meliputi keputusan untuk meneruskan pesan, menanggapi audiens, memusatkan isi pesan, atau menetapkan media yang akan digunakan. Adapun tujuan komunikasi bisnis secara umum ada tiga, yaitu memberi informasi, persuasi, dan melakukan kolaborasi dengan audiens.

Analisis Audiens

  1. Cara mengembangkan profil audiens

Kita bisa mengembangkan profil audiens dengan beragam cara, diantaranya adalah menentukan ukuran dan komposisi audiens, siapa audiensnya, reaksi audiens, tingkat pemahaman audiens, dan hubungan komunikator dengan audiens.

  1. Cara memuaskan kebutuhan akan informasi

Untuk memuaskan kebutuhan audiens akan informasi, kita bisa melakukan beragam cara, diantaranya adalah temukan/cari apa yang diinginkan oleh audiens, antisipasi terhadap pertanyaan yang tak diungkapkan, berikan semua informasi yang diperlukan, yakinkan bahwa informasinya akurat, dan tekankan ide-ide yang paling menarik bagi audiens.

  1. Cara memuaskan kebutuhan motivational audiens

Untuk memuaskan kebutuhan motiuvational audiens adalah dengan cara menyusun pesan dengan sedemikian rupa agar bisa diterima oleh audiens.

Penentuan Ide Pokok

  1. Teknik brainstorming
  • Storyteller’s tour
  • Random list
  • CFR (Conclusion, Findings, Recommendations) worksheet
  • Journalistic approach
  • Question and answer chain
  1. Pembatasan cakupan

 

Seleksi Saluran Media

Ide-ide dapat disampaikan melalui dua saluran

  1. Saluran lisan (oral)
  2. Saluran tertulis (written)

Sumber:

  1. Nawangsari, Sri. 1997. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Gunadarma
  2. Purwanto, Djoko. 1997. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga
  3. Purwanto, Djoko. 2003. Komunikasi Bisnis (2nd ed.). Jakarta: Erlangga.
  4. Purwanto, Djoko. 2011. Komunikasi Bisnis (4th ed.). Jakarta: Erlangga.

 

Advertisements
Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: